• UGM
  • FT UGM
  • DTAP
  • Akademik
  • Simaster
  • Perpustakaan UGM
  • Perpustakaan FT
  • LPPM
  • Email UGM
  • Pusat IT
  • Bahasa Indonesia
    • English
    • Bahasa Indonesia
Universitas Gadjah Mada Program Studi Magister Rancang Kota
Universitas Gadjah Mada
  • BERANDA
  • PROFIL
    • SEJARAH
    • TENTANG KAMI
    • Visi, Misi dan Tujuan
    • STRUKTUR ORGANISASI
    • DOSEN DAN STAFF
    • AKREDITASI
    • FASILITAS
    • KONTAK
  • PENDAFTARAN
    • PROSEDUR PENDAFTARAN
    • PERSYARATAN PENDAFTARAN
    • JADWAL SELEKSI
    • LEAFLET
    • Biaya Pendidikan
  • AKADEMIK
    • KALENDER AKADEMIK
    • KURIKULUM
    • MATA KULIAH
    • MATA KULIAH INTI
    • MATA KULIAH PILIHAN
  • AKTIVITAS
    • STUDIO
    • KEGIATAN PERKULIAHAN
    • PRESTASI MAHASISWA
    • PUBLIKASI
  • ALUMNI
  • TAUTAN
    • UNIVERSITAS GADJAH MADA
    • FAKULTAS TEKNIK
    • DTAP UGM
    • PROGRAM SARJANA ARSITEKTUR
    • PROGRAM MAGISTER ARSITEKTUR
    • PROGRAM DOKTOR ARSITEKTUR
    • PROGRAM SARJANA PWK
    • PROGRAM MAGISTER PWK
    • PERPUSTAKAAN UGM
    • PERPUSTAKAAN FAKULTAS TEKNIK UGM
    • SIMASTER
    • ASPIRASI UGM
    • OIA UGM
    • OIA FT UGM
    • ECC UGM
    • DSSI UGM
  • Beranda
  • Publikasi
  • Mencari Bentuk Pembelajaran Rancang Kota dalam Konteks Adaptasi Kebiasaan Baru

Mencari Bentuk Pembelajaran Rancang Kota dalam Konteks Adaptasi Kebiasaan Baru

  • Publikasi
  • 17 Desember 2021, 11.09
  • Oleh: s2arsugm
  • 0

Penulis: Dyah Titisari Widyastuti

Abstrak:
Dalam kondisi pandemi, di mana proses belajar mengajar di berbagai tingkat pendidikan menuntut perubahan besar dari yang semula berlangsung secara face-to-face di ruang-ruang kelas institusi pendidikan berubah menjadi screen-to-screen di ruang-ruang personal, sangat penting untuk dibangun alternatif metode pembelajaran yang tepat. Hal ini semestinya tidak sesederhana hanya memindahkan materi di kelas ke dalam layar komputer, namun lebih dari itu adalah bagaimana aspek pedagogi masing-masing keilmuan tetap harus menjadi pegangan, bagaimana capaianpembelajaran bisa dipenuhi setara dengan pembelajaran dalam kondisi normal. Pembelajaran ‘desain’ pada dasarnya tidak bisa lepas dari pembelajaran proses merancang dalam suatu ruang studio, di mana secara pedagogi mengintegrasikan learner-centered approach, metode interaksi antar pelaku pembelajaran, serta studio sebagai suatu ruang fisik dan sosial yang membentuk atmosfer pemicu kreativitas. Demikian juga pada pembelajaran rancang kota yang mendasarkan pada tidak hanya komponen teoretik namun juga komponen empirik. Kajian ini bertujuan untuk membangun konten dan metode pembelajaran rancang kota, yang tidak lepas dari aspek pedagoginya, sebagai bentuk adaptasi dari norma-norma pembelajaran rancang kota selama masa pandemi dan potensinya sebagai metode pembelajaran alternatif di masa depan.

Kata kunci: pembelajaran alternatif, pedagogi, rancang kota.

Artikel lengkap dapat diakses di sini.

Leave A Comment Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Recent Posts

  • Presentasi Akhir Studio Rancang Kota Eksplorasi Dasar Angkatan 2024-Genap
    Juni 16, 2025
  • Observasi lapangan Studio Eksplorasi Komprehensif pada Kawasan Pantai Sanur
    Mei 20, 2025
  • Kuliah Tamu Metode Rancang Kota: Change
    Mei 20, 2025
Universitas Gadjah Mada

Magister Rancang Kota
Departemen Teknik Arsitektur dan Perencanaan
Fakultas Teknik, Universitas Gadjah Mada
Jln. Grafika No. 2 Yogyakarta, 55281, Indonesia
Telepon: (0274) 580092
E-mail: mrk.ft@ugm.ac.id

© MRK UGM 2024

KEBIJAKAN PRIVASI/PRIVACY POLICY

[EN] We use cookies to help our viewer get the best experience on our website. -- [ID] Kami menggunakan cookie untuk membantu pengunjung kami mendapatkan pengalaman terbaik di situs web kami.I Agree / Saya Setuju