• Portal UGM
  • Portal Akademik
  • Pusat IT
  • Perpustakaan
  • Pusat Penelitian
  • Webmail
  • Bahasa IndonesiaBahasa Indonesia
    • EnglishEnglish
    • Bahasa IndonesiaBahasa Indonesia
Universitas Gadjah Mada Program Studi Magister Rancang Kota
Universitas Gadjah Mada
  • BERANDA
  • PROFIL
    • SEJARAH
    • TENTANG KAMI
    • VISI DAN MISI
    • KALENDER AKADEMIK
    • STRUKTUR ORGANISASI
    • DOSEN DAN STAFF
    • AKREDITASI
    • FASILITAS
    • KONTAK
  • PENDAFTARAN
    • PROSEDUR PENDAFTARAN
    • PERSYARATAN PENDAFTARAN
    • LEAFLET
  • AKADEMIK
    • KURIKULUM
    • MATA KULIAH
    • MATA KULIAH INTI
    • MATA KULIAH PILIHAN
  • AKTIVITAS
    • STUDIO
    • KEGIATAN PERKULIAHAN
    • PRESTASI MAHASISWA
  • ALUMNI
  • TAUTAN
    • UNIVERSITAS GADJAH MADA
    • FAKULTAS TEKNIK
    • DTAP UGM
    • PROGRAM SARJANA ARSITEKTUR
    • PROGRAM MAGISTER ARSITEKTUR
    • PROGRAM DOKTOR ARSITEKTUR
    • PROGRAM SARJANA PWK
    • PROGRAM MAGISTER PWK
    • PERPUSTAKAAN UGM
    • PERPUSTAKAAN FAKULTAS TEKNIK UGM
    • SIMASTER
    • ASPIRASI UGM
    • OIA UGM
    • OIA FT UGM
    • ECC UGM
    • DSSI UGM
  • Beranda
  • Publikasi
  • Mencari Bentuk Pembelajaran Rancang Kota dalam Konteks Adaptasi Kebiasaan Baru

Mencari Bentuk Pembelajaran Rancang Kota dalam Konteks Adaptasi Kebiasaan Baru

  • Publikasi
  • 17 Desember 2021, 11.09
  • Oleh: s2arsugm
  • 0

Penulis: Dyah Titisari Widyastuti

Abstrak:
Dalam kondisi pandemi, di mana proses belajar mengajar di berbagai tingkat pendidikan menuntut perubahan besar dari yang semula berlangsung secara face-to-face di ruang-ruang kelas institusi pendidikan berubah menjadi screen-to-screen di ruang-ruang personal, sangat penting untuk dibangun alternatif metode pembelajaran yang tepat. Hal ini semestinya tidak sesederhana hanya memindahkan materi di kelas ke dalam layar komputer, namun lebih dari itu adalah bagaimana aspek pedagogi masing-masing keilmuan tetap harus menjadi pegangan, bagaimana capaianpembelajaran bisa dipenuhi setara dengan pembelajaran dalam kondisi normal. Pembelajaran ‘desain’ pada dasarnya tidak bisa lepas dari pembelajaran proses merancang dalam suatu ruang studio, di mana secara pedagogi mengintegrasikan learner-centered approach, metode interaksi antar pelaku pembelajaran, serta studio sebagai suatu ruang fisik dan sosial yang membentuk atmosfer pemicu kreativitas. Demikian juga pada pembelajaran rancang kota yang mendasarkan pada tidak hanya komponen teoretik namun juga komponen empirik. Kajian ini bertujuan untuk membangun konten dan metode pembelajaran rancang kota, yang tidak lepas dari aspek pedagoginya, sebagai bentuk adaptasi dari norma-norma pembelajaran rancang kota selama masa pandemi dan potensinya sebagai metode pembelajaran alternatif di masa depan.

Kata kunci: pembelajaran alternatif, pedagogi, rancang kota.

Artikel lengkap dapat diakses di sini.

Leave A Comment Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Link



Recent Posts

  • Pendaftaran Program Pascasarjana UGM Periode Gasal 2023/2024
  • Deklarasi terbentuknya Asosiasi Sekolah Rancang Kota Indonesia (ASARKI)
  • Mahasiswa MRK FT UGM Raih Juara 1 Pada Kompetisi WPSC APSA Congress
  • Penerimaan Mahasiswa Baru Program Pascasarjana Semester Genap TA 2022/2023
  • Webinar Kelas Studio Magister Rancang Kota UGM : Masterplan Kawasan Pantai Selatan Gunung Kidul

Arsip

  • Juni 2023
  • Oktober 2022
  • Maret 2022
  • Desember 2021
  • November 2021

Kategori

  • Beranda
  • Berita
  • Publikasi

Meta

  • Masuk
  • Entries RSS
  • Comments RSS
  • web instansi
Universitas Gadjah Mada

Program Studi Magister Rancang Kota
Departemen Teknik Arsitektur dan Perencanaan
Fakultas Teknik, Universitas Gadjah Mada
Jalan Grafika No. 2, Sekip, Yogyakarta 55281, Indonesia
Telepon: (0274) 542973
Kontak: +628112924459 (Ratri)
E-mail: mrk.ft@ugm.ac.id

© Universitas Gadjah Mada

KEBIJAKAN PRIVASI/PRIVACY POLICY

[EN] We use cookies to help our viewer get the best experience on our website. -- [ID] Kami menggunakan cookie untuk membantu pengunjung kami mendapatkan pengalaman terbaik di situs web kami.I Agree / Saya Setuju