• UGM
  • FT UGM
  • DTAP
  • Akademik
  • Simaster
  • Perpustakaan UGM
  • Perpustakaan FT
  • LPPM
  • Email UGM
  • Pusat IT
  • Bahasa Indonesia
    • English
    • Bahasa Indonesia
Universitas Gadjah Mada Program Studi Magister Rancang Kota
Universitas Gadjah Mada
  • BERANDA
  • PROFIL
    • SEJARAH
    • TENTANG KAMI
    • Visi, Misi dan Tujuan
    • STRUKTUR ORGANISASI
    • DOSEN DAN STAFF
    • AKREDITASI
    • FASILITAS
    • KONTAK
  • PENDAFTARAN
    • PROSEDUR PENDAFTARAN
    • PERSYARATAN PENDAFTARAN
    • JADWAL SELEKSI
    • LEAFLET
    • Biaya Pendidikan
  • AKADEMIK
    • KALENDER AKADEMIK
    • KURIKULUM
    • MATA KULIAH
    • MATA KULIAH INTI
    • MATA KULIAH PILIHAN
  • AKTIVITAS
    • STUDIO
    • KEGIATAN PERKULIAHAN
    • PRESTASI MAHASISWA
    • PUBLIKASI
  • ALUMNI
  • TAUTAN
    • UNIVERSITAS GADJAH MADA
    • FAKULTAS TEKNIK
    • DTAP UGM
    • PROGRAM SARJANA ARSITEKTUR
    • PROGRAM MAGISTER ARSITEKTUR
    • PROGRAM DOKTOR ARSITEKTUR
    • PROGRAM SARJANA PWK
    • PROGRAM MAGISTER PWK
    • PERPUSTAKAAN UGM
    • PERPUSTAKAAN FAKULTAS TEKNIK UGM
    • SIMASTER
    • ASPIRASI UGM
    • OIA UGM
    • OIA FT UGM
    • ECC UGM
    • DSSI UGM
  • Beranda
  • PERSYARATAN PENDAFTARAN

PERSYARATAN PENDAFTARAN

  • 1 November 2021, 17.48
  • Oleh: mrk.ft
  • 0

Dokumen dan/atau data yang diperlukan untuk mendaftar adalah sebagai berikut:

1. Ijazah asli dari program pendidikan sebelumnya (S1 atau setara) dari Program Studi yang terakreditasi dalam bidang ilmu yang sesuai dan/atau berkaitan dan disetujui oleh Program Magister yang akan diikuti;
2. Transkrip nilai asli dengan Indeks Prestasi Kumulatif pada program S1 atau setara, dengan kriteria sebagai berikut:

  1. ≥ 2,50 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi A, atau;
  2. ≥ 2,75 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi B, atau;
  3. ≥ 3,00 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi C.
3. Sertifikat akreditasi program studi pada program S1 atau setara, dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Akreditasi program studi yang dimaksud adalah akreditasi saat ini dan dibuktikan dengan hasil pemindaian sertifikat akreditasi atau print screen akreditasi dari laman Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT)/LAM-PTKes yang masih berlaku;
  2. Program Studi yang akreditasinya sedang dalam proses perpanjangan, dibuktikan dengan tanda terima penyerahan borang akreditasi ke BAN-PT/LAM-PTKes yang diperoleh dari Perguruan Tinggi yang bersangkutan. Surat keterangan dari Perguruan Tinggi yang bersangkutan tidak berlaku;
  3. Pendaftar lulusan luar negeri harus mempunyai surat keputusan penyetaraan ijazah dari KEMDIKBUD sebagai pengganti sertifikat akreditasi.

Panitia hanya memproses dokumen akreditasi yang sesuai dengan ketentuan.

4. Sertifikat hasil tes potensi* yang masih berlaku (maksimum 2 tahun dari tanggal dikeluarkannya sertifikat). Panitia hanya menerima hasil tes potensi:

Jenis Skor Minimal Keterangan
PAPs UGM
450
Contoh Sertifikat Tes Potensi Akademik Pascasarjana (PAPs) UGM dan Jadwal Pelaksanaan Tes
TPDA PLTI
450
Contoh Sertifikat Tes Potensi Dasar Akademik PLTI dan Jadwal Pelaksanaan Tes
Tes Potensi Akademik (TPA) BAPPENAS
450
Contoh Sertifikat Tes Potensi Akademik Bappenas dan Jadwal Pelaksanaan Tes

*) Pendaftar wajib mempunyai skor. Besaran skor minimal ditetapkan oleh prodi tujuan (dapat melebihi skor minimum yg ada di laman um.ugm.ac.id).

5. Sertifikat hasil tes kemampuan Bahasa Inggris* yang masih berlaku (maksimum 2 tahun dari tanggal dikeluarkannya sertifikat). Panitia hanya menerima hasil tes kemampuan Bahasa Inggris:

Jenis Skor Minimal Keterangan
AcEPT UGM
149
Contoh Sertifikat Academic English Proficiency Test (AcEPT) dan Jadwal Pelaksanaan Tes
TOEP PLTI
401 (31)
Contoh Sertifikat Test of English Proficiency (TOEP) dan Jadwal Pelaksanaan Tes
International English Testing System (IELTS)
4.0
Contoh Sertifikat International English Testing System (IELTS) dan Jadwal Pelaksanaan Tes IELTS IDP, Jadwal Pelasanaan Test IELTS Bristish Council, Jadwal Pelaksanaan Tes IELTS IALF
Internet-Based (iBT) TOEFL
30
Contoh Sertifikat Internet-Based Test (iBT) TOEFL dan Jadwal Pelaksanaan Tes
Institutional Testing Program (ITP) TOEFL
400
Contoh Sertifikat Institutional Testing Program (ITP) TOEFL dan Jadwal Pelaksanaan Tes

*) Pendaftar wajib mempunyai skor. Besaran skor minimal ditetapkan oleh prodi tujuan (dapat melebihi skor minimum yg ada di laman um.ugm.ac.id).

Tabel Konversi Tes Bahasa Inggris Menjadi Nilai Angka, silakan klik DISINI

Khusus Sertifikat hasil tes kemampuan Bahasa Inggris TOEP PLTI ada perubahan sistem skoring, info detail klik DISINI

6. Rekomendasi yang bersifat rahasia dari 2 (dua) orang yang mengenal calon Mahasiswa pada program pendidikan sebelumnya, Dosen Pembimbing Akademik dan/atau orang lain yang dianggap berwenang, misalnya atasan tempat kerja pendaftar. Tautan untuk memberikan rekomendasi secara online akan dikirim Panitia UM UGM  kepada pemberi rekomendasi melalui email. Pastikan alamat email pemberi rekomendasi adalah alamat email yang valid dan aktif;
7. Syarat khusus:

  1. Proyeksi keinginan calon Mahasiswa dalam mengikuti Program Magister yang berisi antara lain rencana topik/minat penelitian serta alasan dan harapan mengikuti program yang dipilih, rencana topik penelitian, dan rencana setelah selesai kuliah (format dapat diunduh di sini);
  2. Proposal penelitian Tesis*/tulisan essai/syarat khusus lainnya yang dipersyaratkan oleh program studi.

*) Wajib bagi pelamar jalur Berbasis Penelitian (by research)

8. Surat ijin/tugas belajar dari instansi tempat kerja bagi pendaftar yang sudah bekerja (format dapat diunduh di sini);
9. Dokumen Memorandum of Understanding (MoU) atau Perjanian Kerja Sama (PKS) atau Surat Penetapan sebagai Penerima Beasiswa yang masih berlaku (khusus bagi pendaftar jalur kerjasama);
10. Dokumen Surat Pernyataan Keaslian Dokumen (format dapat diunduh di sini).

Program Studi/Fakultas/Sekolah Pascasarjana dapat menentukan standar IPK, tes potensi, dan kemampuan Bahasa Inggris lebih tinggi daripada yang dipersyaratkan Universitas. Informasi lebih lanjut silakan hubungi program studi tujuan.

Recent Posts

  • Observasi lapangan Studio Eksplorasi Komprehensif pada Kawasan Pantai Sanur
    Mei 20, 2025
  • Kuliah Tamu Metode Rancang Kota: Change
    Mei 20, 2025
  • Kuliah Tamu Metode Rancang Kota: Introduction Space Syntax in Architecture and Urban Design
    April 17, 2025
Universitas Gadjah Mada

Magister Rancang Kota
Departemen Teknik Arsitektur dan Perencanaan
Fakultas Teknik, Universitas Gadjah Mada
Jln. Grafika No. 2 Yogyakarta, 55281, Indonesia
Telepon: (0274) 580092
E-mail: mrk.ft@ugm.ac.id

© MRK UGM 2024

KEBIJAKAN PRIVASI/PRIVACY POLICY

[EN] We use cookies to help our viewer get the best experience on our website. -- [ID] Kami menggunakan cookie untuk membantu pengunjung kami mendapatkan pengalaman terbaik di situs web kami.I Agree / Saya Setuju