Teori Rancang Kota |
TKMRK2160101 |
2 SKS |
Mata kuliah ini bertujuan untuk mendiskusikan teori-teori rancang kota yang penting dan bermanfaat bagi dasar pengetahuan dan pemikiran mahasiswa baik sebagai profesional, praktisi peneliti rancang kota. Teori rancang kota pada mata kuliah ini disampaikan secara komprehensif baik dalam skala bentuk dan keruangan (form and space) dalam desain kawasan binaan (built environment design) atau di tingkat perencanaan makro, dalam berbagai aspek budaya kehidupan masyarakat (culture of living), maupun dalam berbagai konteks waktu dan tempat (history and loci). Metode pembelajaran mata kuliah ini dikembangkan berdasarkan tujuan peningkatan mahasiswa dalam menelaah pustaka, memahami fenomena arsitektur urban nyata, dan kemampuan mengemukakan pendapat berdasar teori melalui diskusi dan diskursus.
Metode Rancang Kota |
TKMRK2160102 |
2 SKS |
Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mengenai ragam pendekatan, proses, dan metode yang dilakukan dalam rancang kota. Metode pembelajaran yang dikembangkan dalam mata kuliah ini adalah kemampuan komprehensif pengetahuan, pemahaman, dan analisis dari ragam isu rancang kota untuk kemudian memilih dan menerapkan pendekatan yang tepat dalam proses rancang kota. Mahasiswa mampu menentukan pendekatan yang tepat dan mampu mengimplementasikannya untuk memberikan solusi bagi isu-isu rancang kota tertentu dan dalam skala tertentu, melalui proses menemukenali permasalahan berdasarkan analisis dan pemahaman konteks dan skala urban. Pada bagian awal, mahasiswa diharapkan mampu memahami proses dan ragam pendekatan desain serta kesesuaiannya terhadap kasus-kasus rancang kota. Pada bagian selanjutnya mahasiswa mempelajari proses pendalaman konteks kasus tertentu, serta menentukan pendekatan desain dan metode yang sesuai untuk mendapatkan solusi desain.
Prinsip dan Standar Rancang Kota |
TKMRK2160103 |
2 SKS |
Mata kuliah ini bertujuan untuk mengelaborasi sekumpulan teori, konsep, prosedur, metode, konvensi, kebiasaan, serta praktik yang dipilih dan diterima secara umum berdasarkan konteks terkait menjadi satu set prinsip untuk dijadikan dasar kajian maupun praktik rancang kota. Di waktu yang sama, mata kuliah ini juga bertujuan untuk memahami dan menerapkan norma, aturan, ketentuan yang dikeluarkan resmi dan dijadikan patokan dalam kajian maupun praktik rancang kota. Metode pembelajaran yang dikembangkan dalam mata kuliah ini adalah kemampuan komprehensif pengetahuan, pemahaman, dan praktik dari prinsip dan standar berdasar konteks yang berkembang dan dikembangkan.
Studio Rancang Kota: Eksplorasi Dasar |
TKMRK2160104 |
6 SKS |
Mata kuliah Studio ini bertujuan agar mahasiswa mampu meningkatkan kapasitas melakukan proses untuk mendapatkan/mengendapkan pengetahuan (process of acquiring knowledge), menganalisis dan mensintesis pengetahuan yang didapat (process of analysis and process of synthesizing the knowledge), sehingga dapat digunakan sebagai dasar dari pengembangan suatu gagasan atau penyelesaian desain. Mata kuliah ini merupakan ruang pembelajaran terintegrasi di dalam studio, di kelas, serta di luar studio yakni proses memahami fenomena nyata di sekitar kita terkait alam dan lingkungan binaan (real world), sehingga menjadi pengalaman pembelajaran yang komprehensif. Studio dengan topik khusus akan dikembangkan dalam tema-tema pembelajaran yang aktual dan didukung oleh keilmuan yang dimiliki oleh para pengampu, dan kerja sinergi kepakaran dari kelompok bidang keahlian yang menjadi unggulan program studi Magister Rancang Kota. Dalam studio eksplorasi dasar rancang kota, mahasiswa melakukan praktek riset-desain secara bertahap, sehigga menghasilkan produk rancangan sesuai dengan permasalahan yang dihadapi.
Permasalahan Rancang Kota |
TKMRK216205 |
2 SKS |
Mata kuliah ini mengkaji pemikiran-pemikiran kritis rancang kota dan kawasan binaan pada empat dekade terakhir dalam konteks globalisasi, teknologi, lingkungan dan sosial ekonomi budaya. Dalam pengkajian pemikiran-pemikiran tersebut diharapkan mahasiswa memiliki kemampuan dasar dalam mengkritisi kondisi terkini dan mampu merumuskan permasalahan-permasalahan aktual dan masalah-masalah yang terkait. Metode pembelajaran mata kuliah ini dikembangkan berdasarkan tujuan peningkatan mahasiswa dalam menelaah pustaka, memahami fenomena perkotaan atau urbanism terkini, dan kemampuan mengemukakan pendapat berdasarkan teori melalui diskusi dan diskursus.
Tata Kelola Rancang Kota | TKMRK216206 |
2 SKS |
Mahasiswa mendapatkan, membahas, dan memahami berbagai kondisi dan proses sosial, politik, dan ekonomi yang memberikan pengaruh pada perancangan kota, terutama pada tahap implementasi perancangan. Fokus pembahasan ditekankan bukan pada tata kelola rancang kota sebagai sebuah tindakan atau kebijakan (skill), tetapi pada pemahaman (kognisi dan afeksi) tentang kompleksitas isu-isu yang dihadapi dalam implementasi rencana pembangunan dan rancang kota. Dengan demikian mahasiswa terdorong untuk selalu memperhatikan dan memperhitungkan faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi dalam melakukan tugas perancangan kota.
Studio Rancang Kota: Eksplorasi Komprehensif | TKMRK216207 |
6 SKS |
Mata kuliah Studio ini bertujuan agar mahasiswa mampu meningkatkan kapasitas melakukan proses untuk mendapatkan/mengendapkan pengetahuan (process of acquiring knowledge), proses untuk menganalisis dan mensintesis pengetahuan yang didapat (process of analysis and process of synthesizing the knowledge) sehingga dapat digunakan sebagai dasar dari pengembangan suatu gagasan atau penyelesaian desain. Mata kuliah ini merupakan ruang pembelajaran terintegrasi di dalam studio, dan di kelas, serta di luar studio yakni proses memahami fenomena nyata disekitar kita terkait alam dan lingkungan binaan (real world) sehingga menjadi pengalaman pembelajaran yang komprehensif. Pendekatan Studio Desain (Berbasis) Riset/Research (Based) Design Studio, merupakan Studio yang menekankan proses pemahaman permasalahan desain melalui riset lapangan sehingga bisa mendukung proses menghasilkan solusi desain terbaik.
Metode Penelitian Rancang Kota |
TKMRK217101 |
2 SKS |
Mahasiswa mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam bidang ilmu pengetahuan, teknologi, atau seni sesuai dengan bidang keahliannya melalui penelitian ilmiah, berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah. Penguasaan langkah-langkah penelitian yang diterapkan pada objek rancang kota. Substansi didahului dengan pembahasan mengenai perbedaan penelitian dengan perancangan, bidang-bidang penelitian rancang kota, paradigma, metode dan teknik penelitian, serta contoh kasus penelitian kualitatif dan kuantitatif. Metode penyampaian dilakukan melalui perkuliahan, sementara pemahaman mahasiswa terhadap substansi diukur melalui penyusunan proposal awal penelitian.
Pra-Tesis Rancang Kota |
TKMRK217102 |
2 SKS |
Mata kuliah ini memiliki luaran berupa proposal penelitian yang akan dilanjutkan prosesnya dalam bentuk penelitian dan penyusunan tesis. Proposal mencakup permasalahan penelitian, tujuan penelitian, teori yang digunakan dalam penelitian, rancangan penelitian, serta pustaka yang digunakan dalam penelitian. Metode pelaksanaan mata kuliah dilakukan melalui pembekalan atau perkuliahan pada pertemuan-pertemuan awal, dilanjutkan dengan pembimbingan oleh dosen pembimbing pada pertemuan-pertemuan berikutnya.
Tesis Rancang Kota |
TKMRK217103 |
8 SKS |
Mata kuliah ini memiliki luaran berupa dokumen tesis. Substansi dokumen mencakup permasalahan penelitian rancang kota, tujuan penelitian, teori yang digunakan dalam penelitian, rancangan penelitian, analisis dan pembahasan, penarikan kesimpulan, dan penyusunan arahan rancangan berdasarkan kesimpulan penelitian. Metode pelaksanaan mata kuliah dilakukan melalui pembimbingan individu melalui tahap seminar hasil penelitian yang dilanjutkan dengan ujian.